Thursday, September 10, 2020

Memahami dan Membuat Combo - Toram Online

Salah satu hal yang membuat pemula kebingungan adalah bagaimana caranya membuat combo dan menaikkan poin combo. Combo menjadi kebutuhan penting untuk menghemat konsumsi MP untuk setiap job. Namun, combo tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Anda harus tahu dulu tentang efek-efek combo, dan dimana nantinya efek tersebut harus diletakkan. Salah-salah, efek tersebut nantinya malah membuat konsumsi MP anda meningkat dan melemahkan damage skill anda.

Kini, anda bisa mengunjungi situs Coryn.club untuk membuat susunan combo anda sendiri. Sayangnya belum ada fitur khusus yang membedakan konsumsi MP pada skill-skill setiap job. Karena beberapa skill ada yang konsumsi MPnya turun jika menggunakan senjata yang berbeda. Nah, karena itulah anda harus melihat dengan teliti saat membuat combo di Coryn.club.

Langsung saja, kita bahas efek-efek combo yang harus anda pahami.

1.
Beruntun
Efek combo yang satu ini bisa menghilangkan konsumsi MP pada suatu skill. Namun, damage pada skill yang diberi efek ini akan turun juga. Meski begitu, untuk skill-skill yang bukan digunakan untuk menyerang, tidak ada efek minus apapun. Hanya konsumsi MP saja yang berkurang.

Tidak hanya itu saja. Efek combo yang satu ini juga cukup unik. Coba buatlah combo seperti gambar di bawah ini:

Nah, unik bukan? Inilah mengapa efek tersebut dinamakan beruntun. Combo seperti ini bisa digunakan untuk leveling CP (combo point).
Lalu, kenapa semua baris skill Beruntun tersebut tidak memakan MP?

Jadi begini, semakin ke belakang barisnya, maka minus MP dari efek Beruntun juga akan semakin banyak.
Jadi, semakin ke belakang, minus MP yang anda dapatkan akan semakin besar. Besarnya minus tersebut disesuaikan dengan posisi barisnya.

2. Mata Batin
Di dalam deskribsinya, dijelaskan bahwa efek ini akan membatalkan skill bila monster yang anda ingin serang memiliki kekebalan terhadap status buruk yang ditimbulkan. Efek ini tidak penting sama sekali. Sehingga kita lewati saja.

3.
Isi (dulu namanya Tampung)

Efek ini akan meniadakan konsumsi MP pada skill yang diberikan efek tersebut, sekaligus melahap konsumsi MP pada combo-combo di belakangnya. Namun, secara signifikan akan memperlemah skill itu sendiri, dan 3 skill di belakangnya. Inilah contoh combo dengan efek Isi.

Skill yang diberi efek Isi, konsumsi MPnya akan berubah menjadi wadah untuk konsumsi MP pada skill-skill di belakangnya. Bisa anda lihat sendiri gambar di atas. Skill-skill lain di belakang skill yang diberi efek Isi jika dijumlahkan, maka 1+1+2+1 = 5. Itu artinya, skill-skill di belakang tersebut MPnya berjumlah 5 bar atau 500 MP. Nah, sedangkan skill yang diberi efek Isi, MPnya adalah 5 bar atau 500 MP juga. Namun berubah menjadi -5 bar atau -500 MP karena diberi efek Isi.
Karena skill yang diberi efek Isi itulah, maka skill-skill di belakangnya yang berjumlah 5 bar akhirnya dilahap oleh MP -5 bar dari skill yang diberi efek Isi. Anda bingung? Silahkan lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya.


Lalu, seberapa banyaknya damage yang dikurangi karena efek Isi tersebut?
Mari, lihat gambar di bawah.
Nah, seperti itulah pengurangan damagenya. Hanya 4 baris combo saja yang terkena pengurangan damage akibat efek Isi.

Perlu diingat, efek Isi tidak boleh diletakkan di baris paling belakang pada combo. Karena nantinya berkemungkinan untuk memakan banyak MP, bahkan menghabiskan seluruh MP yang anda miliki.

4.
Cepat

Tidak ada minus apapun pada efek ini. Dengan diberikan efek Cepat, maka kecepatan animasi pada skill akan lebih singkat. Namun, untuk kecepatan merapal, tidak bisa dipercepat dengan efek ini. Hanya gerakan saja yang dipercepat.

5.
Gebuk

Efek combo yang satu ini adalah yang paling berperan dalam memberikan damage lebih ke skill pamungkas anda. Dengan diberikan efek Gebuk, serangan pada skill pamungkas anda akan bertambah kuat. Namun, skill pada baris di belakang skill yang diberi efek Gebuk akan turun damagenya. Tidak seperti efek Beruntun dan Isi, untuk efek ini yang turun damagenya hanya satu skill di belakang skill yang diberi efek Gebuk. Untuk lebih jelasnya, bisa kita lihat pada contoh combo di bawah ini:

Bukan hanya untuk menambah damage. Efek Gebuk juga digunakan untuk menutup combo.
Sesuai combo pada gambar di atas, barisan paling belakang yang diberikan efek Gebuk akan memakan MP 2 kali lipat dari MP cost skill yang dipasang. Jika jumlah seluruh MP yang anda miliki tidak mencukupi, maka skill tersebut akan dibatalkan.

Lalu, apa yang dimaksud penutup combo?
Skill yang anda gunakan untuk melancarkan serangan terkuat, pastinya anda berikan efek Gebuk pada combonya. Tapi butuh skill lagi yang harus dipasang di baris berikutnya untuk mencegah terjadinya konsumsi MP 2 kali lipat. Karena seperti yang kita tahu, efek Gebuk yang diletakkan di baris paling belakang akan memakan MP 2 kali lipat. Jika masih bingung, silahkan lihat gambar di bawah.
Combo di atas akan menjadi 1 bar MP jika skill yang digebuk tersebut tidak berada di ujung baris combo. Maka dari itu, baris combo tersebut harus ditambah untuk menghilangkan efek negatif dari efek Gebuk.

Karena yang kita butuhkan adalah setelah skill yang digebuk tersebut, tidak aktif skill lain lagi, maka wajib sekali untuk membuat penutup combo. Penutup combo adalah skill yang dipasang di barisan paling belakang, dengan konsumsi MP yang amat banyak. Dan tentunya diberi efek Gebuk pula agar skill penutup tersebut tidak aktif. Jadi, akan seperti inilah hasilnya.
Nah, seperti itulah fungsi dari penutup combo. Skill yang biasa dijadikan penutup combo adalah Skill Sihir Finale yang konsumsi MPnya berjumlah 16 bar/1600 MP.

Sepertinya hanya itu yang dapat saya jelaskan. Anda tinggal mempraktekkannya sendiri di Map Ngarai Haotas. Ada mini bos Big Mask yang sering dijadikan sebagai target untuk leveling/menaikkan Combo Point. Mini bos Colon Maut di Tanah Ternoda Vyshed juga bisa dijadikan pengganti. Namun, itu terserah anda. Dimanapun tempatnya, asalkan anda nyaman, itulah yang terbaik. Sekian, dan selamat bermain.
Previous Post
Next Post

0 tanggapan:

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"