Tuesday, November 17, 2015

Belajar membuat kara effect sendiri dari perintah-perintah aegisub

Assalamualaikum..

Hari ini saya akan menjelaskan sedikit pengalaman saya tentang kode perintah aegisub. Mungkin para fansub pemula sekalian pengen tau gimana sih cara bikin gerakan-gerakan buat subtitle? dan gimana sih cara bikin Type Setting atau karaoke effect dari kode-kode itu?. nah, pertama-tama, saya akan menjelaskan sedikit pengalaman saya tentang perintah-perintah sederhana aegisub.

> \pos(..,..): ini digunakan sebagai penentu posisi/letak koordinat subtitle kita dari sumbu X maupun sumbu Y. Yang pernah diajar koordinat cartesius oleh gurunya pastilah tau. hehehe.. contoh: {\pos(-100,300)} nah.. ini artinya posisi X berada di posisi 100 ke kiri, dan posisi Y berada di posisi 300 ke bawah. Cobalah pahami ini baik-baik bagi anda yang masih pemula.

> \move(..,..): sama halnya dengan pos tadi. Move juga digunakan sebagai posisi subtitle kita. Tapi, perbedaannya, move ini digunakan untuk mengerakkan posisi subtitle kita dari posisi awal ke posisi berikutnya.
Contoh: {\move(300,20,300,100,0,800)}
nah, sekarang kelihatan makin ribet kan? hehehe.. ini nih jelasnya:

{\move(posisiX,posisiY,posisiXberikutnya,posisiYberikutnya,kecepatanAwal,kecepatanAkhir)}

udah jelas? hihihi.. sebaiknya kecepatan awal anda isi dengan "$dur" atau "0" tanpa tanda petik yaaa.. soalnya kecepatan awalnya itu bisa menjadi waktu jeda sebelum efek move anda tadi bekerja. Nah, jadi... kecepatan akhirnya itulah yang akan kita jadikan kecepatan move utamanya.

> \fs: Ini adalah perintah yang digunakan sebagai skala teks subtitle. Perintah ini sudah mencangkup skala X dan skala Y sekaligus. Contoh: {\fs100}"teks"
anggap tanda petiknya tidak ada yaaa..
\fscx: Ini adalah perintah \fs atau skala sumbu X (horizontal)
\fscy: Ini adalah perintah \fs atau skala sumbu Y (vertikal)
Gambar dari ASSdraw hanya bisa diskala menggunakan perintah \fscx dan \fscy. Perintah \fs tidak berlaku di gambar ASSdraw.

> \fr: Ini adalah perintah rotasi/perputaran. Di samping kiri kotak tampil video di aegisub sudah ada ikon perintahnya. Contoh: {\fr30}"teks"
tanpa tanda petik yaaa..
\frz: Rotasi sumbu Z. Perintah ini sama dengan \fr
\frx: Rotasi sumbu X
\fry: Rotasi sumbu Y

> \org: Ini adalah perintah untuk memberikan orbit pada posisi subtitle. Perintah ini sama halnya seperti Bumi yang mengelilingi Matahari. Bumi sebagai pengorbitnya, dan Matahari sebagai pusatnya. Contoh: {\org(100,300)}
ini lebih jelasnya: {\org(posisiX,posisiY)}
perintah ini tidak ada gunanya jika tidak dikombinasikan dengan perintah \fr,\fry,\frx,\frz

> \t(..,..): Ini adalah perintah yang digunakan sebagai timing/perwaktuan perubahan perintah.
Contoh: {\fs200\t(0,1000,\fs800)}

Inilah lebih jelasnya:
{\Skala200\t(KecepatanWaktuAwal,KecepatanWaktuAkhir,Skala800)}

Nah, dengan perintah itu tadi, maka skala yang sebelumnya 200, semakin membesar menjadi 800 dengan kecepatan 1000. KecepatanAwal bisa diisi dengan angka lain jika ingin memberi jeda sebelum perintah dijalankan. Perintah ini bisa digandakan kok.. Yaitu dengan menambah "\t(..,..)" lagi pada belakang perintah "\t(..,..)" yang sebelumnya. Akan tetapi, Kecepatan Awal harus diisi dengan angka yang lebih dari 0 sebagai jeda/pemberi kesempatan untuk "\t(..,..)" sebelumnya, untuk menjalankan perintahnya.
Contoh: {\fs200\t(0,1000,\fs800)\t(200,1300,\fs300)}

> \clip(...): Nah, ini adalah perintah untuk mengcrop teks subtitle. Dengan crop inilah, subtitle yang dicrop akan terlihat, sedangkan yang diluar crop akan ditransparankan. Perintah ini tinggal diterapkan saja dengan mengeklik ikon berbentuk kotak di sebelah kotak tampil video di aegisub. Lalu tinggal crop aja subtitle anda. Dengan ini anda bisa membuat teks dengan warna yang belang-belang.

Nah, sebelum siap membuat kara effect, masih ada yang harus saya jelasin sedikit lagi nih. Klik ini dulu yaaa..
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Min, yg "Klik ini dulu yaaa.." gak bisa kebuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.. Mungkin situs shortenernya sedang offline atau ada masalah, sehingga tidak bisa diakses. Tautan tersebut di atas sudah saya perbaiki. Silahkan coba diakses kembali.. :>

      Delete
  2. min, adakah contoh lewat videonya misalnya youtube begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada di youtube. tapi kalo dari saya sendiri belum ada. Jarang banget ada yang mau bagi2 ilmu karanya di internet, karena kebanyakan ahli kara suka pamer karya di facebook. Jadi, biar bisa pamer terus, mereka nggak akan mudah dibujuk buat bagi2in ilmunya ke siapa aja.

      Saya sarankan download template kara di internet aja. Tinggal browsing di google. atau download aja template buatan saya di blog ini. Karena template buatan saya cukup rapi, sehingga mempermudah proses belajarnya. Terima kasih.. :>

      Delete

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"