Thursday, March 19, 2020

Panduan Awal Permainan Untuk Pemula (Bagian 1) - Toram Online

Anda baru bermain Toram Online?
Baru berapa hari? Sehari? Dua hari? Seminggu?
Apa saja yang kalian lakukan? Saya harap bukan mengemis kesana kemari ya! Hehehe.

Saya yakin anda pasti menginginkan Spina yang cukup untuk membeli Skill, Revita, atau Perlengkapan tempur yang terjangkau. Untuk mendapatkannya, anda diharuskan bekerja keras dengan cara farming item di beberapa lokasi yang ramai dengan petani.

Untuk melakukan farming ke monster-monster biasa atau biasa disebut sebagai Mob, anda pun pasti juga berpikir bagaimana caranya. Untuk itu, saya akan memandu anda untuk bisa mandiri di dalam game tersebut tanpa mempermalukan diri sendiri.
Berikut hal-hal yang perlu anda lakukan di dalam Toram Online sebagai seorang pemula:


1. Menjalankan Main Quest atau cerita utama.

Di saat anda sudah selesai membuat karakter anda, anda akan dibawa menuju ke sebuah cerita. Anda akan bertemu dengan tiga NPC story yang berperan sebagai pemandu petualang pemula. Mereka adalah Tenert (Si tua pengguna pedang dua tangan), Virgo (Laki-laki si pengguna senapan), dan Libera (Gadis petinju). Setelah anda selesai bermain bersama mereka, anda akan dibawa ke sebuah kota bernama kota Sofya. Di sinilah anda akan dipandu oleh sebuah tanda panah penunjuk arah menuju tempat dimana anda harus melanjutkan Main Quest.
Mainkanlah cerita tersebut hingga anda bertemu dengan Bos Mochelo. Selesaikan quest tersebut, kemudian anda bisa berhenti dulu untuk sementara. Main Quest memberikan anda banyak EXP. Jadi, alangkah baiknya anda simpan dahulu Main Questnya untuk leveling di level yang proses levelingnya sulit.


2. Meminta pertemanan dengan pemain lain atau meminta masuk ke dalam sebuah Guild

Di dalam permainan Toram Online, anda dapat meminjam Bodyguard. Bodyguard tersebut adalah karakter teman anda atau anggota guild anda yang bebas anda pergunakan untuk membantu anda melawan monster. Ambillah karakter Bodyguard dengan senjata pedang dua tangan, karena hanya itulah Bodyguard dengan serangan yang kuat dan stabilitas yang terbaik. Jangan tertipu dengan Bodyguard tongkat dan tombak yang memiliki serangan besar. Karena karakter tersebut justru lemah jika digunakan untuk Bodyguard. Mintalah pertemanan dengan orang lain secara sopan dan santun. Jangan menggunakan bahasa yang kasar, agar mereka tulus membantu anda.

3. Mendapatkan perlengkapan sendiri dari mob.

Menambah daya serang memang sangat dibutuhkan. Jika anda bukan pemain yang suka merendahkan diri demi sekeping spina dan seperangkat senjata dari pemain sultan, maka anda adalah calon pemain professional sejati. Biasanya, para pemula yang manja selalu mengemis kepada pemain lain dengan harapan diberi spina atau perlengkapan yang sudah tak terpakai. Sungguh, ini memalukan menurut saya.



Untuk mendapatkan perlengkapan yang cukup baik bagi pemula melalui mob, anda bisa pergi ke map yang sangat jauh. Anda bisa menggunakan teleporter kota dan lokasi khusus yang bisa anda beli di papan market kota Sofya. Belilah teleporter yang berlokasi sangat jauh. Misalnya seperti teleporter Nov Saterica. Jika anda menuju Nov Saterica, mulailah perjalanan anda dari situ menuju ke map di sebelahnya.



Carilah monster yang menjatuhkan perlengkapan. Untuk mengeceknya, anda bisa mengecek peta lokasi anda saat berada di lokasi yang dipenuhi mob. Tap-lah gambar mob yang muncul di peta anda tersebut, maka akan muncul detail dropnya.





Anda pun juga bisa menggunakan Tiket Teleportasi untuk langsung menuju map yang diinginkan tanpa harus mampir dulu ke kota. Namun, Tiket Teleportasi tidak dijual di papan market. Item tersebut adalah item orb yang bisa anda dapatkan dari Prestasi harian/mingguan, gacha, kompensasi, maupun orbshop.



4. Cari dan simpan item Main Quest dahulu agar tidak capek bolak-balik map.


- Ketika anda pertama kalinya bertemu dengan NPC bernama Pelulu, anda akan disuruh untuk mengumpulkan beberapa item kecil yang bisa didapat dari mob-mob di sekitaran NPC Pelulu. Setelah itu anda akan disuruh untuk memperhatikan celotehan dari Nenek Ryano. Nah, setelah inilah anda akan disuruh untuk menuju ke Tanah Genting Kaus.
Di sinilah anda sebaiknya membunuh mob Pain Leaf dan mendapatkan item Sulur.



Kumpulkan saja Sulur tersebut sebanyak 3 buah dan simpan baik-baik untuk quest menyebalkan yang akan datang nantinya. Setelah itu silahkan lanjutkan kembali Main Quest yang sekarang sedang anda jalani.

- Anda sedang berada di map Kuil Runtuh? Atau anda sedang menjalankan Main Quest di tempat tersebut? Jangan buang item Paruh Tebal yang anda dapatkan dari mob Beak tersebut. Simpan 3 buah saja untuk berjaga-jaga. Di sana juga ada mob bernama Roar yang dapat menjatuhkan item Sayap Peri. Kumpulkan sebanyak 3 buah untuk berjaga-jaga.





- Jika anda sekarang berada di map Danau Icule,
bunuhlah mob Miwi untuk mendapatkan item Taring Bergerigi. Kumpulkan 10 buah untuk berjaga-jaga dan simpan baik-baik untuk quest menyebalkan yang akan datang.



- Apakah anda sedang berada di Gua Bawah Tanah Saham? Jangan lupa untuk mendapatkan 5 buah material logam Kristal Saham dari mob Rotta Nemico. Dan jika anda tidak sempat untuk mencari Taring Bergerigi di Danau Icule, tidak masalah. Karena anda juga bisa mendapatkannya pada mob Gob Roga di Gua Bawah Tanah Saham.





- Dan satu lagi item main quest yang anda butuhkan nantinya adalah Permata Jiwa. Item ini bisa anda dapatkan pada mob Cassy di Makam Ratu Kuno. Anda hanya perlu mendapatkan 1 buah saja.





Lanjut Ke Halaman berikutnya>>>
Previous Post
Next Post

7 comments:

  1. Kak cara biar bisa ke kota Sofya tanpa tiket teleport dong, saya udh nyoba pake save point berkali kali tapi malah ke kota kuil runtuh, masih newbie xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. save point gunanya untuk kembali ke kota terakhir yang kita kunjungi. jadi, jangan pakai save point ya gan. gunakan teleport kota sofya kalau mau ke sofya. kalau tidak mau beli teleport sofya, silahkan ke lereng merapi. di lereng merapi area 3, ada mob mirip kupu-kupu. bunuh mobnya, dan agan akan mendapatkan teleport sofya. tapi lebih baik beli di toserba kota karena cukup murah dan tidak perlu susah-susah farming. terima kasih.

      Delete
  2. Kak,misalkan kita ingin buat akun baru,job yang paling bagus diawal apa ya?terus klau mau leveling CPT bgmn,KK?#Thxforpost

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling bagus untuk awalan adalah tongkat gan. kalo mau yang tanpa rapalan, boleh 2h. untuk leveling, agan harus mencari bos atau mini bos dengan level yang berselisih 0-9 level dari level agan. misal agan levelnya 70, agan harus mencari monster dengan level 61-79. semakin dekat atau sama level monster dengan agan, expnya semakin besar. untuk level rendah dari 1-50 agan bisa saja melawan mob/monster biasa. namun, alangkah baiknya agan kunjungi Coryn.club untuk mencari monster mana yang expnya besar sesuai level agan sekarang. terima kasih.

      Delete
  3. Kereeenn..
    3-4 thn an dah saya tinggalin nih Game, mulainya bermodal otodidak sampai sekarang ga paham²,
    Baru kali ini nemuin Blog yg jelas banget..
    Trimakasih gan, saya coba main lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, gan. saya sendiri malah sudah tidak bisa main lagi karena terkendala device kentang dan urusan pekerjaan. alhamdulillah saya ikut senang kalo artikel saya ini masih bisa dipelajari meski sudah tertinggal oleh update toram yang sekarang. selamat bermain, gan.

      Delete

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"