Friday, September 13, 2019

Luput, Hit, Gores, dan Critical - Toram Online

Ketika anda melancarkan serangan, anda pasti pernah mengalami Luput, Hit, Gores, dan Critical saat serangan anda menyentuh tubuh monster. Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang keempat wujud serangan tersebut.


Luput
adalah suatu keadaan dimana serangan normal maupun fisik yang anda lancarkan tidak mengenai monster. Hal ini terjadi karena akurasi anda yang tidak cukup untuk menangani monster tersebut. Luput dapat sedikit ditangani dengan menaikkan akurasi. Namun, jauh lebih baik jika anda fokus menambah critical rate.

Hit adalah wujud serangan asli/original anda. Hit selalu muncul dengan warna putih, menandakan bahwa akurasi anda cukup terhadap monster yang anda serang. Namun, hit akan menjadi luput ketika akurasi anda kurang terhadap monster.

Critical adalah hit yang mendapatkan tambahan damage beberapa kali lipat sesuai jumlah critical damage. Warna critical adalah kuning, menandakan bahwa serangan anda mendapatkan kelipatan daya dan memiliki akurasi yang cukup. Critical tidak akan mengalami luput seperti hit, alias anti luput. Jadi, tingkatkan critical rate anda hingga penuh (untuk stat equip sendiri, critical dengan angka persen justru lebih kecil dibandingkan critical bilangan bulat) untuk mencegah munculnya hit dan luput. Critical rate penuh adalah +100 (bilangan bulat). Sedangkan critical rate dasar anda adalah +25. Sehingga anda membutuhkan critical rate +75 untuk memenuhinya.

Gores adalah keadaan dimana critical anda mengalami penurunan stabilitas daya hingga separuh persen. Anda tetap mendapatkan critical, namun berwujud gores. Damage anda bisa naik turun dengan selisih yang jauh karena penurunan stabilitas tersebut. Keadaan ini terjadi karena akurasi anda kurang untuk menangani monster tertentu.

Selamat bermain..

Baca juga post ini jika perlu.
Previous Post
Next Post

26 comments:

  1. Maaf tolong dijawab itu gores cara mengatasinya gimana?? Dengan menambah stability atau akurasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dex memberikan akurasi yang cukup besar. sehingga efektif untuk mengatasi gores. jika gores tidak terelakkan, maka hanya stabilitaslah yang berperan untuk sedikit menaikkan kestabilan damage. namun, efektifitasnya kecil. jika job agan adalah job fisik dan tidak mengambil stat dex, agan tidak perlu memperhatikan damage agan yang gores. cukup naikkan damage saja dengan perlengkapan yang bagus. terima kasih.

      Delete
    2. @Fahad Hagane oooh gituu ok makasih gan infonya sangat berguna 😆😆😆

      Delete
    3. @Fahad Hagane saya sering melihat youtuber toram dengan 2h dan Hit yang kecil mungkin hanya sekitar 300 tapi mereka tetap bisa melakukan critical tanpa gores, kenapa bisa begitu ya gan?
      Maaf nanya lagi😅

      Delete
    4. 2h menggunakan stat str dan dex. karena dex itulah akurasinya cukup besar. sehingga serangannya berpotensi lebih besar untuk melakukan serangan yang stabil. terima kasih.

      Delete
    5. Terimakasih gan😆😆😆
      Saya udah coba sesuai saran agan lalu saya dapat stat stabil dengan hit kira" 350-500 namun karena saya belum level cap mungkin damage agak kecil karena sebagian besar str disalurkan ke dex tapi lebih baik dari sebelumnya! Terimakasih😆

      Delete
    6. semoga beruntung gan, terima kasih.

      Delete
  2. Terima kasih ilmunya... request skil2 kehidupan dan refine mastah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya cukup mageran gan. kalo lain waktu sempat, mungkin akan saya post. terima kasih

      Delete
  3. Kalo status,skill,combo,item dan equipment yang cocok buat DS apa? Sama minta saran,sebaiknya vs luk/bs tech Dulu? Makasih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. untuk pertanyaan di luar pembahasan post ini, saya tidak bisa menjawabnya, gan. selain itu, pertanyaan di atas tidak bisa saya jawab begitu saja. karena semuanya tergantung style dan budget agan di toram online. mohon maaf, dan terima kasih.

      Delete
  4. Jika akurasi -100% tapi stability 90% itu dmgnya turun jauh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung keberuntungan saja gan. akurasi itu hanya memberi peluang untuk mengeluarkan damage ke stabilitas minimal hingga maksimal. banyak monster dengan jumlah dodge rate yang beragam. jadi, kita tidak tahu harus sebanyak apa akurasi yang kita miliki. jika jarang/tidak mengalami gores di suatu monster berarti akurasi dianggap cukup.

      nah, berapapun besarnya stabilitas yang kita miliki, jika akurasinya dianggap kurang, maka damage yang harusnya keluar sesuai stabilitas minimal hingga maksimal, akan berubah menjadi separuh dari stabilitas minimal hingga maksimal stabilitas.
      sebagai contoh, jika stabilitas agan 90%, dan damage maksimal agan adalah 100, maka agan akan mendapatkan damage 90 sampai 100 secara acak. namun itu berlaku jika damage agan tidak mengalami gores. jika mengalami gores, artinya akurasi agan kurang. sehingga selama gores terjadi, stabilitas agan yang 90% tadi turun separuh. jadi, tinggal 45% saja. nah, sekarang damage agan yang keluar minimal adalah 45 sampai 100 secara acak dan dalam keadaan gores.

      Delete
  5. Gan mo nanya, cara kerjanya gores kek gimana? Jika kita menaikkan akurasi, apakah akan ada peluang untuk damage yang dihasilkan menjadi penuh? Atau apakah jika akurasi kurang, maka selamanya akan gores?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di baris terakhir pada penjelasan artikel ini, ada teks merah bertuliskan "baca juga post ini jika perlu". itu link untuk menjawab pertanyaan agan. silahkan dibuka saja ya.

      Delete
  6. Cara mengatasi damage gores di hb gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, gan. Halberd memang dibuat dengan akurasi dan stabilitas yang kecil. karena damagenya saja sudah besar.

      Delete
    2. Bedanya crit rate sama crit damage apa ?

      Delete
    3. -critical rate: kemungkinan munculnya critical dalam setiap serangan yang dikeluarkan

      -critical damage: besarnya kelipatan/tambahan luka yang ditimbulkan oleh serangan critical. jadi, critical damage ini berperan untuk memperkuat serangan critical agan.

      Delete
  7. Bang mau nanya untuk karakter dual pedang ganda, serangan biasa dan skill selalu luput dan gores, dan daya serang nya juga kecil. untuk status karakter saya Full STR sisa AGI, nah.. untuk perbaikan nya ambil Poin dari STR apa AGI untuk di pindah ke DEX & berapa banyak poin di masukan di sana (DEX)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dual sword str agi memang pasti akan gores, gan. tapi itulah build terbaiknya. karena dual sword menggunakan 2 senjata sekaligus, dibutuhkan pengisian stat yang seimbang agar kedua senjatanya mengeluarkan damage. str memberikan daya kepada pedang di tangan kanan dan di tangan kiri. sedangkan agi memberikan daya kepada pedang di tangan kiri, atau yang biasa disebut pedang sokongan/sub weapon. jika agan ingin mengisi dex, otomatis daya senjatanya hanya berfokus pada pedang di tangan kanan.

      agan akan diberi 2 pilihan. mau damage sokongan dengan mengisi sisa statnya ke AGI atau mau critical damage dengan mengisi STR. itu artinya, jika akan sudah mengisi full dex, agan harus memilih mengisikan sisa status poinnya ke agi atau str. jika ke agi, sokongan akan berfungsi dengan baik. tapi tidak mendapat daya ekstra dari critical damage STR. namun, jika ke STR, agan akan mendapat critical damage. tapi sokongan agan tidak akan berperan baik untuk memberi damage.
      jika mengisi dua2nya, tentu akan lebih kacau damagenya.
      karena itu, alangkah baiknya agan mengisikan full STR sisa AGI saja. meskipun gores, tapi daya serangnya lebih besar. percuma jika agan mengisi dex, karena bos dan mini bos berlevel tinggi kebanyakan memiliki dodge yang besar, sehingga akurasi dari dex seolah tidak bisa mengatasi gores.

      semoga bisa dipahami. terima kasih.

      Delete
  8. Makasi bang, jadi mulai paham. Mau nanya, klo stab diatas 100 misalnya 120 klo statusnya gores turunya ke 50% atau ke 60% ?

    ReplyDelete

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"