Tuesday, September 10, 2019

Job pilihan untuk pemula Toram Online (bagian 1)

Siapa yang tidak mengenal Toram Online?
Ya! game ini adalah game RPG yang cukup populer. Tidak hanya menawarkan permainan beregu yang membutuhkan kerja sama yang kompak. Namun, game ini juga dilengkapi dengan sistem perdagangan antar pemain, menangkap monster sebagai peliharaan, membuat model karakter sesuai keinginan, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi anda yang baru dan ingin mencoba Toram Online MMORPG, di sini saya akan menunjukkan langkah awal yang harus anda ambil sebelum memulai petualangan anda.

Ya! keputusan awal yang harus anda ambil sebelum memulai permainan ini, adalah memilih Job tempur. Saat ini, Toram Online memiliki beberapa Job yang di antaranya adalah:

1. Pedang


Karakter pedang terdiri dari tiga jenis job. Di sini, anda memang menggunakan senjata yang sama, yaitu pedang. Namun, pedang tersebut dibedakan dan terdiri atas Pedang Satu Tangan, Pedang Dua Tangan, dan Pedang Ganda.


a. Pedang satu tangan / One handed sword


Pedang satu tangan menggunakan damage utama pada tangan kanan karakter anda. Sedangkan untuk senjata di tangan kiri/sub weapon, anda bisa menggunakan pisau untuk menambah variasi serangan, tameng untuk pertahanan tambahan, tinju untuk menambahkan skill tinju sebagai damage sekunder dan mempermudah proses breaking monster, sayap sihir untuk penggunaan skill Pedang Sihir, dan panah untuk menambah kemampuan melancarkan status buruk pada target. Anda juga bisa mengosongkan sub weapon dan kemudian mengambil skill Samurai/Monofu level 1: Dua Tangan untuk menambah damage anda. Pedang satu tangan diperkuat oleh status STR dan DEX.


b. Pedang dua tangan


Tidak seperti pedang satu tangan yang memiliki kemungkinan menggunakan senjata sekunder atau sub weapon. Pedang dua tangan hanya bisa menggunakan satu senjata saja. Stabilitas dan kecepatan serang pedang ini lebih kecil daripada pedang satu tangan. Namun, daya serangnya lebih kuat. Sesuai dengan pedangnya yang berukuran besar. Damage pedang ini dapat didukung dengan skill Samurai/Monofu level 1: Dua tangan. Untuk pemula yang kesulitan dalam memahami Job-job tempur, dan ingin merasakan sensasi daya serang lebih, disarankan untuk mengambil job ini. Pedang dua tangan diperkuat oleh status STR dan DEX.


c. Pedang Ganda


Ini adalah job yang paling keren dan diidam-idamkan bagi setiap pemula yang pertama kali melihatnya. Namun, job ini memerlukan pengalaman yang cukup untuk menguasainya. Senjata pedang ganda terdiri dari pedang satu tangan yang dipasang di tangan kanan dan tangan kiri. ATK, Stabilitas, status elemen, dan nilai tempa pada sub weapon mempengaruhi daya skill. Serangan normal/non skill pedang ganda memiliki motion yang cukup lama, dan hit yang cukup banyak untuk sekali menyerang. Sehingga tidak menutup kemungkinan anda terjebak pada serangan normal anda sendiri, dan terkena luka karena tidak sempat menghindari serangan monster. Di sinilah anda membutuhkan evasion dan dodge yang cukup untuk mengelak dari serangan monster. Karena itu, tidak disarankan membuat job pedang ganda untuk pemula. Pedang ganda diperkuat oleh status STR, AGI, dan DEX.
Status STR dan AGI juga memberi daya pada sub weapon, sedangkan DEX hanya pada senjata utama. Jadi, lebih baik mengisi STR penuh, dan sisakan status poin ke AGI.


2. Tembak


Menyerang dari jarak jauh adalah keunggulan dari job ini. Job ini juga diperkaya dengan skill status buruk. Di antaranya adalah status buruk lambat, lumpuh, lesu, dan bahkan pecah zirah. Sayangnya, tingkat aggro (kemarahan monster terhadap anda) cukup besar jika menggunakan job ini. Sehingga anda akan menjadi incaran utama di antara seluruh anggota regu anda jika aggro anda adalah yang paling besar. Untuk mengurangi dan menyembunyikan aggro anda, gunakanlah skill Tembak: Sneak Attack/Tembakan Tersembunyi sebelum melancarkan serangan utama. Skill buff dan support yang efeknya merata kepada semua pemain di dalam regu, tetap menimbulkan aggro. Jadi, anda harus berhati-hati. Job tembak terdiri atas Busur dan Bowgun.


a. Busur


Busur adalah senjata yang sempurna untuk skill tembak. Daya serangnya cukup besar karena didukung oleh status buruk pecah zirah dan stabilitas yang sempurna. Sub weapon untuk busur adalah panah. Efek panah terhadap busur cukup signifikan, sehingga inilah sub weapon terbaiknya. Anda juga bisa menggunakan katana sebagai sub weapon busur. Sub weapon tersebut akan memberikan anda kesempatan untuk menyerang dari jarak dekat dengan skill samurai. Busur diperkuat oleh status DEX dan STR.


b. Bowgun


Senjata ini memang memiliki serangan yang lebih besar di bandingkan busur. Anda juga dapat bertarung dari jarak jauh maupun dekat. Namun, stabilitasnya cukup rendah. Sehingga tidak jarang anda akan mendapatkan nilai damage yang kurang memuaskan ketika melancarkan serangan kepada monster. Bahkan, peluang memberi status buruk kepada monster juga sangatlah kecil. Karena itulah, bowgun lebih cocok digunakan untuk serangan aktif seperti job jarak dekat. Anda dapat menggunakan sub weapon tinju untuk lebih aktif melancarkan serangan dengan skill tinju, pisau untuk memberi serangan dengan skill pisau yang tidak menimbulkan aggro besar, sayap sihir untuk menggunakan skill pedang sihir, dan tameng untuk pertahanan lebih. Panah juga sangat cocok digunakan sebagai sub weapon bowgun. Namun, efeknya tidak sebesar yang didapatkan busur. Bowgun diperkuat oleh status DEX, namun tidak memberi stabilitas sama sekali. Dan untuk STR, hanya memberi critical damage dan secuil stabilitas. Tidak ada tambahan attack pada STR.


3. Tinju


Praktis dan fleksibel. Job tinju memiliki pergerakan yang lincah dan ahli dalam mendukung proses breaking atau pemecahan bagian tubuh Bos monster. Stabilitasnya juga cukup bagus. Namun, daya yang ditimbulkannya cukup kecil. Karena itulah, tinju lebih sering dipakai untuk sub weapon saja. Sub weapon untuk tinju adalah pisau, panah, sayap sihir, dan tameng. Tinju diperkuat oleh AGI. DEX juga menambah attack dan stabilitas, namun hanya secuil. Jadi, lebih baik mengganti DEX dengan STR untuk mendapat critical damage.



Lanjut ke halaman berikutnya>>
Previous Post
Next Post

2 comments:

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"