Tuesday, May 12, 2020

Pengenalan dan Job untuk BS fillstat, BS craft, BS tempa, dan Alkimia (bagian 2)

<<Halaman Sebelumnya


2. Blacksmith FillStat dan Tempa

BS Tempa atau biasa disebut BS Re-Fine adalah Blacksmith khusus untuk memperkuat kualitas perlengkapan yang sudah jadi. Lihat Post ini. Jika yang diperkuat adalah senjata, anda akan mendapatkan tambahan daya serang. Jika yang diperkuat adalah zirah, anda akan mendapatkan pertahanan tambahan. Dan jika yang diperkuat adalah Additional/Pelengkap atau biasa disebut Topi, anda akan mendapatkan reduksi (pengurangan luka) Re-Fine saja dari serangan musuh.

Sedangkan BS FillStat adalah Blacksmith yang harus mencapai level karakter maksimal dengan kelipatan 10. Setiap 10 level karakter, akan menambah kemampuan mengisi status 1 poin. Misalkan char anda berlevel 200, anda akan mampu mengisi status +20 pada perlengkapan buatan pemain. Contoh perlengkapan yang sudah difill stat bisa anda temukan di papan market kota. Fill Status haruslah menggunakan langkah yang tepat. Sehingga anda harus memiliki rumus dalam proses pengisian status perlengkapan. Anda bisa mencari rumusnya di Coryn.club, dan Toram-id.info, atau Youtube.



Alangkah baiknya, kedua BS ini dijadikan satu. Pastikan anda mengisi TECH penuh.





TECH pada BS Re-Fine akan meningkatkan keberhasilan tempa. Sedangkan TECH pada BS FillStat akan memaksimalkan fill negatif pada perlengkapan. Sehingga anda akan mendapatkan potensial yang besar ketika melakukan proses fill stat. Karena itulah, TECH harus penuh.

Job DPS yang cocok untuk BS ini adalah Busur dan Mage. Untuk Busur, isikan penuh ke TECH dan sisakan ke DEX seperti gambar di atas tadi. Dan untuk Mage, isikan penuh ke TECH dan sisanya ke INT.


3. Alkimia

Ini adalah char khusus untuk memproduksi obat-obatan dan item pendukung. Selain itu, dengan char ini pula anda dapat memadu perlengkapan anda untuk mempercantik penampilan perlengkapan anda.

Anda wajib mengisi penuh ke TECH dan sisakan ke DEX untuk membantu menaikkan kemampuan Difficulty pembuatan item.



Gambar di atas adalah bagian-bagian skill yang harus anda isi. Pada baris atas yang saya lingkari ada skill yang sengaja tidak saya isi. Baris atas tersebut berfungsi untuk menambah kemahiran saja. Sehingga tidak harus diisi sampai skill level 4 tersebut. Jika ingin mengisi pun juga boleh saja untuk menambah lagi kemahiran padu anda.

Sedangkan pada baris bawah, saya juga tidak mengisi pada skill level 4-nya juga. Karena tanpa itu pun, saya sudah mendapatkan 100% keberhasilan Lock 4. Jika anda mampu mencapai Lock 5, barulah anda diharuskan mengisi poin skill penuh pada bagian tersebut. Baris bawah tersebut berfungsi untuk menaikkan keberhasilan padu perlengkapan.



Jumlah macam pemaduan atau Lock, bisa anda dapatkan sesuai nilai prof/kemahiran anda. Jadi, lakukan dahulu leveling prof pada char alkimia anda dengan terus memproduksi item-item yang level itemnya dekat atau di atas nilai prof/kemahiran padu anda. Lock 3 akan terbuka ketika anda mencapai prof/kemahiran 100. Sedangkan Lock 4 akan terbuka ketika anda mencapai prof 160.



Alkimia biasanya disatukan dengan BS Tempa/Re-Fine atau pun BS FillStat. Ada pula yang menggabungkan ketiganya menjadi satu. Namun, jika anda memulainya dari karakter level 1, jelas akan sangat sulit melakukan levelingnya. Sehingga untuk menyatukan ketiganya, anda harus melakukan reset skill pada char dengan level besar. Misalnya pada char level 180+.

Jika ingin menggabungkan Alkimia dengan BS, saya sarankan untuk menggabungkannya dengan BS Re-Fine atau BS FillStat saja. Pilih salah satu. Jangan menyatukan ketiganya jika tidak ada event reset skill dan status gratis.

Job DPS untuk Alkimia adalah Busur.


<<Halaman Sebelumnya
Previous Post
Next Post

18 comments:

  1. Gan tanya dong.. knp fill stat tptku cuma bisa isi 6 kemampuan?
    Cara biar bisa 8 kemampuan gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan beli skill level 4 pandai besi dulu gan. kalau belum terbuka di perpustakaan sofya, silahkan naikkan level tokoh agan ke level 200 dahulu. terima kasih.

      Delete
    2. Ok terimakasih.. lvling bs tec ga ada damage.. hehe

      Delete
  2. min mau tanya.cara dapet spina 2020 gmn? soalnya barang sekarang harganya anjlok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jual EB, andeg. selain itu susah gan. bahkan equip pun juga awet di papan karena para player sudah menantikan event dirga. alangkah baiknya waktu-waktu yang ada saat ini agan gunakan untuk membuat beberapa BS craft. agar agan punya persiapan untuk dirgahayu toram nanti. menurut saya hanya dengan berjualan senjata dirga itu saja para player bisa mendapat spina lebih cepat. karena event summer yang akan datang juga akan menambah parahnya stabilitas pasar toram.

      Delete
  3. Kk mau nanya,kalau bs craft di gabung dgn bs fillstat, refine, n alkimia gimana? Posisiku lvl 205

    ReplyDelete
  4. mau nanya kalo bs tank cuma full tech terus isi vit bisa nggak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja gan. namun lebih baik jika dari awal fokus ke vit dulu sampai penuh. barulah setelah itu agan mengambil tech. karena bisa jadi ketika agan sedang leveling prof, agan hoki mendapat zirah 2 slot dengan potesi maksimal. selain itu, jika fokus mengisi vit dahulu, tentu akan lebih berguna dalam mempertahankan daya tahan bs tank saat bossing.

      jadi, lebih baik jika selalu mengisi penuh ke vit saja untuk mendapat potensi maksimal pada zirah yang dicraft. dan sisanya ke tech.

      Delete
  5. gan mau tanya, sory sy pemula untuk BS nih, dan masih kurang paham untuk penjelasan di atas,
    pertama, job yg bgus dan cocok untuk jadi BS itu apa?
    kedua, apakah bisa dalam satu character bisa jd BS weapon dan armor, serta mengisi status nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini adalah post kedua, gan. penjelasan tentang job yang cocok untuk BS, sudah saya jelaskan di post bagian pertama dari post ini. agan bisa lihat di bawah paragraf akhir artikel ini, ada tulisan "<<<halaman sebelumnya" silahkan dibuka jika ingin lebih jelas.

      nah, jika agan ingin menggabungkan BS weapon dengan BS armor, sebenarnya bisa saja. Namun, potensi perlengkapan yang dihasilkan tidak akan maksimal. Karena armor membutuhkan VIT penuh, status point yang tersisa tidak akan banyak. Sehingga jelas tidak baik jika digabung dengan BS lain.

      Delete
    2. oke ngerti, brrti bisa cuma gk maksimal hasil nya ya,

      trus gan, untuk slot Xtlall di weapon atau armor itu, hoki"an saat pembuatan item nya atau pakai item tambahan?

      Delete
    3. hoki-hokian, gan. bisa juga pakai item pembolong/piercer yang bisa digacha dari orbshop atau membeli dari pemain lain yang punya. para pembeli dan penjual pembolong slot ini biasanya selalu berkumpul di server inter 1 channel 1 kota sofya.

      Delete
  6. Min untuk status DEX apakah mempengaruhi sukses rate dalam melakukan fillstating,kalu iya beapa persentase nya dari stat DEX?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, gan. fillstat hanya membutuhkan TECH penuh.

      Delete
  7. Bang char saya kan saya isi vit tech, itu cuma bisa fillstat arm aja apa bisa fillstat senjata juga? Mohon di jawab bang

    ReplyDelete

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"