Tuesday, April 11, 2017

AutoCAD tiba-tiba tertutup sendiri ketika dibuka

Saat ingin mengerjakan gambar yang penting dengan AutoCAD, tiba-tiba AutoCAD anda tidak bisa dibuka. Lebih tepatnya, ketika anda buka, padahal proses startingnya berjalan, tapi tiba-tiba tertutup sendiri saat halaman gambar akan diproses. Lhoh? ada apa ini?



Etss, tenang.. Belum tentu AutoCAD anda corrupt kok.. Jangan terburu-buru melakukan install ulang. Cobalah langkah-langkah ini dulu sebelum berpikiran bahwa AutoCAD anda corrupt.

1. Klik icon Start Menu.
2. Ketikkan "Services.msc" di kotak pencarian Start Menu, lalu tekan Enter.
*Tanda kutipnya jangan diketik juga.
3. Jika Services sudah terbuka, scroll ke bawah dan carilah service yang bernama "FLEXnet Licensing Services", kemudian double klik service tersebut.
*(Pada AutoCad yang lebih baru, terdapat service bernama "Autodesk Dekstop App Service". Jangan mendisable service tersebut agar AutoCad dapat dijalankan. Dan jangan pula anda menghapus file Exe-nya yang bernama "Acwebbrowser.exe" dan "acwebbrowser.exe" yang dapat ditemukan di dalam partisi Local Disk (C:) anda.

4. Anda akan menemukan masalahnya di situ. Ternyata services tersebut terDisable. Silahkan ubah Startup Typenya dari "Disabled" tersebut ke "Automatic" atau "Automatic (Delayed Start). Lalu klik "OK".



5. Setelah itu, silahkan klik "Start" di tempat seperti yang saya lingkari tersebut.





6. Nah, silahkan buka AutoCAD anda kembali.


FLEXnet Licensing Service sebenarnya adalah sebuah service baru dari versi-versi AutoCAD yang berada di atas tingkatan AutoCAD 2007 yang mengganggu atau membatasi penggunanya dalam menggunakan AutoCAD. Jika services tersebut didisable atau dalam keadaan tidak aktif, maka proses starting AutoCAD akan dihalang-halangi agar startingnya gagal.

FLEXnet Licensing Service terkadang memang akan terdisable sendiri jika anda menggunakan aplikasi booster atau peningkat performa komputer. Karena memang FLEXnet Licensing Service adalah services yang sebenarnya tergolong "tidak berguna sama sekali", maka secara otomatis aplikasi booster anda akan menganggap services tersebut wajib/harus dinonaktifkan untuk menghemat penggunaan RAM.


*Jika langkah ini masih gagal, kemungkinan file library Autocadnya corrupt. Atau bisa jadi, beberapa file windows anda corrupt. Atau juga bisa disebabkan karena anda belum melakukan updating pada windows anda. Silahkan update driver, visual C++, NET framework, directX (opsional, sudah terinstall di windows, namun boleh diinstall lagi untuk jaga-jaga), dan windows updatenya.
Selama ini saya tidak ada kendala apapun dalam menggunakan Autocad2012/2013 dengan cara ini. Semuanya lancar jaya.

*Ketika menginstall Autocad, jangan memperberat proses penginstallan dengan banyaknya aplikasi dan program yang terbuka. Tutup aplikasi yang tidak penting dan (yang paling sering diabaikan pengguna komputer) End Process program aplikasi yang bukan dari Microsoft (kecuali antivirus, anda boleh membiarkannya terbuka, boleh juga ditutup jika anda sudah berpengalaman dengan virus)
Contoh:





Mungkin di komputer anda, lebih banyak program yang terbuka. Terlebih di komputer yang tidak pernah diubah sejak dari membeli di toko komputer. Biasanya komputer yang baru akan diisi aplikasi-aplikasi seperti SmadAV, Winamp, Skype, Yahoo, Mozilla Firefox, dan aplikasi-aplikasi lain yang sebenarnya tidak anda perlukan. Dan sudah pasti ada banyak program bawaan yang aktif dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Cek kolom komentar untuk informasi lebih lanjut.

*Baca pula post ini untuk kasus serupa
*dan post ini untuk kasus serupa
*Error install karena Cyclic Redundancy Check
Previous Post
Next Post

74 comments:

  1. Replies
    1. Saya rasa sama saja gan. Kalau autocad agan tidak bisa dibuka berarti windowsnya corrupt karena virus. Atau masih kudet. Silahkan lakukan pengupdatan sesuai saran saya di atas. Terimakasih. :>

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. iya sama, punya saya juga tidak bisa,, autocad saya 2012.. mohon bantuannya.... terimaksh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Autocad 2012 memang sering begitu gan. pastikan agan tidak menggunakan aplikasi booster sembarangan. atau jika agan bisa dan mengerti tentang startup service, pastikan program service yang berhubungan dengan autocad tidak didisable oleh aplikasi booster agan. Aplikasi booster yang saya maksud misalnya CCcleaner dan sebagainya. pastikan juga windows agan sudah diupdate. kalau agan bingung, install ulang autocadnya saja. dan berhati2lah ketika membersihkan file sampah dan mengoptimalkan komputer menggunakan aplikasi booster. Terimakasih.. :>

      Delete
  4. Kok ga bisa, ? Masih keluar2 sendiri. Autocad saya 2012

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudahkah diinstall ulang? dan setelahnya apa masih suka keluar sendiri?
      kalo iya, adakah notif yang muncul ketika aplikasinya crash? kalo iya, silahkan ketik notif tersebut ke pencarian google untuk mendapat solusinya.
      sudahkah anda mengupdate driver, visual C++, NET framework, dan windows updatenya?
      sebelumnya pernahkah local drive C anda diserang virus?

      Delete
  5. Terimakasih banyak, informasinya sangat membantu.

    ReplyDelete
  6. punya saya force close karena habis update windows
    windows 10
    gimana gan, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi Windows bawaan laptop agan apa sebelumnya?
      Notif apa yang muncul ketika autocad agan force close?
      Sudah instal ulang autocadnya?

      Delete
    2. sudah saya kembalikan ke versi sebelumnya
      tapi tetep force close
      ada notif license manager not installed properly

      Delete
    3. The License manager is not functioning or is improperly installed. AutoCAD will shut down now.

      apa itu notifnya gan? coba download lengkap windows visual C++nya dan nyalakan windows updatenya gan. atau cek lagi di services.msc , mungkin flexnet license servicenya terdisable. pastikan dalam setting manual/automatic. kalau cara ini tidak berhasil, bisa agan coba opsi dari link berikut:
      https://knowledge.autodesk.com/support/autocad/troubleshooting/caas/sfdcarticles/sfdcarticles/AutoCAD-2017-fails-to-launch-after-install.html

      Delete
  7. coba install ulang NETframework agan. biasanya di folder installer autocad agan sudah dilengkapi NETframework. Letaknya di folder 3rdParty, di situ agan bisa nemu istaller dotNETfx atau NETfx. Pastikan sebelum menginstall koneksi internet agan aktif ya. Soalnya perlu koneksi internet untuk menginstallnya. Dan kalau notifnya nanti tertulis sudah terinstall, silahkan cek dulu di Program and Features, lalu uninstall NETnya.

    ReplyDelete
  8. kak saya abis aktivasi ulang cadnya, terus malah keluar sendiri. gimana ya ka? makasih

    ReplyDelete
  9. Gan kalo autocad 2014 kena softlock sama force close pas di buka itu ngatasinya gimana gan ..

    ReplyDelete
  10. Faktor penyebab forceclose autocad macam2 gan.
    Force closenya meninggalkan notif atau tidak, gan? Kalau ada, mohon tuliskan di sini..

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. sma2 gan.. maaf kalo adminnya mager banget.. terima kasih telah berkunjung..

      Delete
  12. masir eror nih gan,
    AutoCAD cannot continue. You can attempt to save changes into the following file up to the start of the last command:

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi windows anda corrupt gan. atau ada masalah sama autocadnya. kalo terlalu sering terjadi recovery file dwg, bisa coba diupgrade atau didowngrade autocadnya ke versi lain. dan biasakan jangan sampai folder temp penuh. bisa seminggu sekali dihapus isinya. ketik di dalam kotak pencarian di dalam start menu, "%temp%" tanpa tanda petik. lalu hapus semua isi di dalam folder temp tersebut. jika ada yang tidak terhapus, skip saja. karena file itu sedang digunakan oleh program yang sedang berjalan. terima kasih.

      Delete
  13. gan.... punyaku autocadnya selalu close dan mninggalkan notif gan

    ReplyDelete
  14. autocad 2012 dan dia selalu not respond gitu minta kluar scara paksa

    ReplyDelete
  15. AutoCad sy 2013 di windows 10, dibuka langsung ketutup sendiri kek kejut gitu. itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan,

      1.kalo setelah penginstallan, agan tidak mendisable service bawaan apapun dari autocad, berarti autocad agan corrupt.
      2. mungkin kompabilitasnya perlu diganti. cek compability modenya gan. ganti ke compability mode windows 7

      kalo masih tidak bisa, berarti memang corrupt, atau ada program autocad yang diblok antivirus karena dianggap program jahat. terimakasih.

      Delete
  16. manfaat sekali bang awalnta cad 12 tidak bisa dibuka pada windows 10 sekarang jadi bisa cuma untuk cad 11 ttp tdk bisa kenapa y bang....sukses terus smg tidak bosan terus berbagi pengetahuan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diganti compabilitynya ke windows7 gan. jika tetap tidak bisa, berarti ada faktor lain. bisa jadi, file corrupt. terima kasih.

      Delete
    2. Gan ane instal autocad 2014, bisa masuk d awal, cman pas klik yg lain ko langsung mental trus ada notif Autodas eror report kenapa ya ?? Unhandled Exception

      Delete
    3. bisa tulis lengkapnya gan? soalnya unhandled exception tidak cuma satu.

      Delete
  17. Ko ga muncul lisensi? Jdi pas buka autocad lngsung keluar trus? Gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan selesai install langsung begitu? autocad versi berapa gan? agan pakai windows versi berapa?

      Delete
  18. Replies
    1. pastikan proses penginstallan autocad dari awal sampai akhir sesuai instruksi dari blog dimana agan mendownload autocadnya. jika autocadnya menggunakan crack berupa keygen, dan agan menginstall tanpa menuruti instruksi, biasanya akan berakibat seperti itu gan. kalo masih tidak bisa juga, bisa jadi autocadnya corrupt. atau ada salah satu file dari installer autocad yang diblok antivirus/firewall.
      tapi, sebelumnya agan bisa coba dulu mengganti compabilitynya ke windows 7. jika tidak terjadi perubahan, mungkin kemungkinan-kemungkinan di atas adalah penyebabnya.

      Delete
  19. Siap makasi banyak om, semoga ilmunya bermanfaat & berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan. terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  20. Saya gk ada notif gan? udah update smua..& instal ulang autocad ttp sama..

    ReplyDelete
  21. Sebelummya muncul lisensi repair... ketika sdh dipair tetap langsung force close

    ReplyDelete
  22. Ketika di run administrator, muncul notif..This app has been blocked for your protection.

    ReplyDelete
    Replies
    1. windows agan menganggap autocad sebagai program yang tidak jelas asal usulnya. sehingga dikira program yang tidak jelas keamanannya. ketik saja notif tersebut si google. ada banyak blog yang menjelaskan cara untuk unblock program yang diblok seperti itu, gan.

      Delete
    2. ketik notifnya itu ke google gan. banyak blog lain yang membahasnya kok.

      Delete
  23. pastikan juga autocad agan aman dari virus, dan didownload dari website/blog terpercaya. selalu matikan koneksi internet ketika melakukan proses penginstallan dan cracking autocad agar cracking berjalan lancar dan tidak mendatangkan infeksi oleh virus.

    ReplyDelete
  24. mas cad saya normal. gak sengaja windowsku ke update dari windows 8 jadi 8.1. stlah update saya buka cad, normal. tapi setiap edit text atau mau buat text notasi di cad selalu tiba2 keluar sendiri. solusi? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pakai autocad 2017 ya? tiap mau ngedit text atau mau menjalankan MTEXT selalu force close autocadnya gitu?

      Delete
    2. kalau memang kejadiannya seperti itu, coba diinstall ulang dulu autocadnya, gan. kalau masih crash juga, silahkan coba disable line smoothnya dengan cara mengetik LINESMOOTHING lalu enter, lalu ketik OFF, dan enter lagi. crash yang demikian biasanya terjadi karena grafiknya yang terlalu berat gan. sehingga input teksnya pun juga ikut keberatan. dengan mendisable garis yang diperhalus ini, bisa saja mampu mengurangi beban grafik autocadnya.

      saran saya, upgrade windows agan ke windows 10 saja. karena windows 8 memiliki terlalu banyak fitur yang membebani perangkat agan.

      Delete
  25. Terima kasih Kak, sangat membantu sekali apalagi untuk pemula

    ReplyDelete
  26. Kalau saya masalahnya bukan pada autocad tapi Autodesk inventor,,
    Apakah sama penyelesaian masalahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya tidak gan. jika autocadnya malah bisa dibuka, mungkin inventornya corrupt.

      Delete
  27. Jadi inventornya harus saya instal ulang lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. silahkan dicoba dulu. jika masih tidak bisa dibuka, coba double klik lagi icon autodesk inventornya. lalu, cek task manager untuk memastikan aplikasi inventornya berjalan atau tidak. kalau tidak ada, berarti memang installernya corrupt. jika ada, berarti memang prosesnya stuck. hal ini bisa dikarenakan ada virus, perangkat komputer yang tidak kuat, atau ada driver yang tidak support. jadi, silahkan coba autodesk inventor versi lainnya.

      jika tetap ingin menggunakan versi tersebut, nyalakan windows update dan koneksi internetnya. dan update drivernya. namun renungkan dulu sebelum mengupdate driver VGA, jika windows agan bukan windows 10. karena driver VGA terbaru saat ini beberapa tidak support dengan windows dibawah windows 8, sehingga dapat menimbulkan BlueScreen. langsung lakukan system restore jika hal itu terjadi.

      Delete
  28. Ouh okok
    Terimakasih yah infonya🙏
    Sangat membantu🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan klo aa notif this app has been blocked for your protection gimana ya?

      Delete
    2. ada sistem security yang memblokir autocad anda, gan. karena dianggap program yang tak jelas asal usulnya. untuk mengatasi itu, cukup panjang langkahnya.

      1. ketik "gpedit.msc" di kotak pencarian start menu windows. lalu buka program tersebut.
      2. lihat sisi kiri jendela yan baru muncl tersebut. dan klik "computer configuration>windows settings>security settings>local policies>security options"
      3. scroll sampai bawah, dan double klik pada "user account control: run all administrators in admin approval mode.
      4. akan muncul jendela lagi, dan pilih "disabled" lalu klik OK.

      restart komputernya.

      jika masih tidak bisa, coba ketik saja notifikasi agan tadi ke google. akan banyak cara yang muncul nanti.

      Delete
  29. Thanks gan.. work

    ReplyDelete
  30. 3dsmax 2017 .. Setelah install terus di buka berapa detik langsung automatis close.. Sudah coba instaall ulang dari 0 tetep seperti itu... Kenapa yaa terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ubah dahulu compability modenya ke windows 7, gan. kalau masih tidak bisa, agan cek dulu spesifikasi minimal PC untuk menggunakan 3dmax 2017 itu seberapa. apakah PC agan kuat atau tidak.
      jika mungkin faktor di atas bukan penyebabnya, coba agan nonaktifkan antivirus dan windows defender agan dulu. bisa jadi launcher 3dmaxnya diblokir aksesnya karena dikira program berbahaya.
      lalu, jika 3dmax yang agan miliki adalah versi bajakan, silahkan crack dengan keygen xforce. jangan menggunakan crack berupa file yang tinggal copy-paste.

      Delete
  31. Kalau spek.. gen11 corei9 tinggi vga quadro .. Ram 32 ddr4 Crack sudah pakai x force... Antivirus firewall sudah di disable... Tapi tetap belum bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung close sendiri tanpa muncul notif, gan?

      Delete
    2. Langsung close sendiri .. Setiap kurang lebih 5 - 10 detik... Tidak keluar notif apapun... Dan aneh.nya itu terjadi setelah instal 3dmax 2017

      Delete
    3. sudah coba diinstall ke komputer yang lain, gan? siapa tau ternyata 3dmaxnya corrupt.

      Delete
  32. Gan, sy install autocad 2013 di laptop core i5 gen 12 windows 11 kok langsung fatal error ya unhandled 0x4b471000 exception at 75b2c377h. Gmn cara benerinnya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya belum pernah coba di windows 11, gan. coba agan ubah compability autocadnya ke windows 7. jika tidak berefek, coba agan install autocad yang lebih baru. atau kembali ke windows 10 dulu (yang tentunya sudah tidak dalam masa pengembangan seperti windows 11) kalo agan tidak punya autocad yang lebih update.

      Delete
    2. Laptop sy baru gan windows 11 nya sudah bawaan, dan mslahnya buat kerja harus pake autocad 2013

      Delete
    3. kalo gitu coba install autocad 2014, gan. tampilannya masih sama persis dengan autocad 2013. nyaris tidak ada bedanya. jika masih tidak bisa, coba install autocad 2019. jika masalah terselesaikan, berarti masalahnya adalah kecocokan dengan versi windowsnya.

      Delete

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"