Sunday, January 26, 2020

Tipe Damage Zona/Area Monster - Toram Online

Anda pasti sudah biasa melihat AOE atau serangan area dan single target atau serangan satu sasaran. Bentuk serangan yang demikian biasanya ditandai dengan munculnya peringatan berupa objek transparan berwarna merah maupun biru. Serangan-serangan ini umumnya menimbulkan kerusakan fatal dan status buruk jika gagal dihindari.

Berikut tipe-tipe serangan tersebut:


1. Area merah (Umum)

Serangan ini biasanya muncul dengan ditandai peringatan berupa lingkaran merah di bawah kaki pemain. Hanya muncul satu saja di arena permainan. Untuk ukurannya, ada yang hanya berdiameter kecil sejangkau subjek karakter, ada yang berukuran sedang, dan ada pula yang luas memenuhi arena permainan.


2. Zona Merah Segaris/Linear

Serangan segaris ini ditandai dengan munculnya garis merah satu arah. Ada yang hanya berupa serangan lurus yang bisa kita hindari dengan minggir ke samping saja, dan ada pula yang lurus namun semakin meluas jika jarak serangnya semakin jauh dari monsternya (harus mendekati atau membelakangi monster untuk menghindari serangan ini).


-serangan linear segaris


-serangan linear segaris meluas/berbentuk kipas


3. Zona merah sekitar/Epicenter

Zona merah ini terdiri dari 2 macam tipe dan ukuran. Ada yang sangat luas, ada pula yang tidak. Serangan ini terdiri dari:

- Zona merah sekitar musuh: Serangan ini ditandai dengan munculnya zona merah yang luas di sekitar monster itu saja. Sedangkan area aman itu berada di pusat monster dan area lain yang tidak terjangkau oleh radius zona merah tersebut.



- Zona merah sekitar pemain: Serangan ini adalah kebalikan dari zona merah sekitar musuh. Jadi, jika anda diam, anda tidak akan terkena serangan ini. Kecuali untuk pemain lain yang tidak mendapatkan aggro atau perhatian dari monster. Pemain-pemain ini harus mendekati pemain yang mendapatkan aggro untuk menghindari serangan tersebut.



4. Zona merah terjang/Charge

Serangan ini ditandai dengan munculnya garis merah yang lurus ke arah pemain yang menjadi target serang. Monster akan maju dengan cepat untuk menerjang pemain. Anda hanya perlu minggir saja untuk menghindar.



5. Zona biru lantai/spike

Anda pernah bermain ke bos Cerberus? Ketika dalam proses battle, anda akan menemukan zona biru yang memunculkan duri-duri yang terus menguras Health Point anda jika anda terus berada di atasnya. Umumnya, duri-duri tersebut akan semakin meningkat damagenya jika anda terlalu berlama-lama menginjaknya. Duri-duri tersebut mengandung elemen sesuai warnanya.

-zona biru lantai tanpa peringatan lingkaran warna (mini bos seraph machina)


-Zona biru lantai dengan peringatan warna sebelum muncul (umum)


6. Zona biru peluru/bullet

Serangan ini selalu ditandai dengan lingkaran biru di bawah kaki pemain. Biasanya, lingkaran ini terus mengikuti kemana pemain itu melangkah. Cara menghindari tembakan pelurunya, adalah dengan mendekati monster ketika lingkaran biru itu masih muncul. Kemudian mundurlah terus menjauhi monster tersebut ketika lingkaran tersebut mulai menghilang. Jangan berlari-lari ke samping mengitari monster. Karena peluru tersebut bisa mengenai anggota regu anda. Peluru tersebut mengandung elemen sesuai dengan warnanya.



7. Zona biru meteor


Ini adalah salah satu jebakan yang membuat pemain sangat kesal. Terutama untuk pengguna skill magic Finale. Serangan ini biasanya ditandai dengan munculnya lingkaran merah kecil di bawah kaki pemain. Setelah itu, akan jatuh sebuah cahaya dari atas yang menghujam para pemain. Biasanya, targetnya lebih dari 1 orang. Atau bahkan keempat pemain dalam 1 regu. Para pemain sudah tidak asing dengan meteor ini. Terutama mereka yang sudah pernah bossing ke Venena Coenubia. Anda juga bisa menemukannya di bos Ornlarf dan York. Meteor ini mengandung elemen sesuai dengan warna cahayanya.



8. Zona biru bowling (pisau)

Biasanya, serangan fatal ini disebut sebagai sirip hiu oleh pemain lokal kita. Seperti sebutannya, serangan ini berbentuk seperti sirip punggung hiu. Pisau tersebut mengandung elemen sesuai warna yang terlihat. Ada 2 bentuk serangan bowling ini.

-bowling lurus

Si sirip hiu ini akan berjalan lurus mengikuti garis biru. Anda cukup minggir saja ke sela-sela serangan tersebut. Selain sirip hiu yang lurus ke depan, sirip lurus ini juga ada yang mengarah ke segala arah dengan berpusat pada sang monster. Ada pula yang berjalan ke segala arah, kemudian serangan itu berbalik lagi ke pusat dimana serangan itu muncul.



-bowling memutar

Sirip hiu yang satu ini adalah yang paling merepotkan. Agak sulit menghindarinya, karena pisau tersebut terus memutari sang monster dari pusat hingga menjauhi monster tersebut. Anda bisa langsung mati di tempat jika gagal menghindar.






Mungkin ini saja yang mampu saya jelaskan. Jika ada kurang dan salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih telah berkunjung.
Previous Post
Next Post

0 tanggapan:

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"