Friday, January 1, 2021

Mengenal Status Karakter dan Perlengkapan - Toram Online

Anda yang masih pemula mungkin agak bingung dengan kerumitan yang ada pada game Toram Online. Namun, tenang saja. Karena di blog ini, segala hal yang membingungkan anda akan saya jelaskan perlahan-lahan. Setiap penjelasan yang salah pun, sering saya perbaiki untuk kenyamanan anda. Nah, kali ini anda akan belajar tentang status-status yang ada pada karakter dan perlengkapan tempur pada Toram Online. 



A. Status dasar karakter toram:

- Atk (Attack)
: Kekuatan dasar untuk serangan fisik.

- Matk (Magic Attack): Kekuatan dasar untuk serangan sihir.

- Def (Defense): Ketahanan dari serangan fisik musuh.

- Mdef (Magic Defense): Ketahanan dari serangan sihir musuh.

- Hit : Tingkat akurasi. Akurasi yang bagus, akan mencegah penurunan daya serang oleh Gores dan Luput.

- Flee : Tingkat kelihaian untuk lolos dari serangan musuh.

- ASPD (Attack Speed) : Kecepatan dalam mengulangi serangan normal/jeda tiap serangan normal.

- CSPD (Cast Speed) : Kecepatan merapal skill sihir.


B. Status tersembunyi:

- Critical rate
: Kemungkinan terjadi serangan Critical pada serangan normal maupun skill.

- Critical damage : Besarnya daya dari serangan Critical.

- Serangan menghunus : Status bonus yang menambah daya serang pada skill tertentu.

- Penetrasi fisik : Status yang mampu membuat pertahanan fisik musuh dapat dikurangi sebesar angka Penetrasi Fisik yang dimiliki.

- Penetrasi sihir : Status yang mampu membuat pertahanan sihir musuh dapat dikurangi sebesar angka Penetrasi Sihir yang dimiliki.

- Daya jarak dekat : Daya tambahan untuk serangan dari jarak 0 hingga 7 meter.

- Daya jarak jauh : Daya tambahan untuk serangan dari jarak 8 hingga yang terjauh.

- Unsur (bumi, api, air, angin, cahaya, gelap) : Elemen pada perlengkapan. Dayanya akan semakin kuat bila elemen di perlengkapan lebih unggul dibandingkan elemen musuh. Misalnya, elemen api akan lebih kuat jika melawan elemen bumi.

- Luka ke (bumi, api, air, angin, cahaya, gelap, normal) : Daya serang ekstra terhadap musuh yang memiliki elemen yang sama dengan status Luka elemen di perlengkapan. Misalnya, luka ke cahaya. Musuh dengan elemen cahaya akan mendapat luka yang lebih besar jika diserang dengan perlengkapan Luka ke Cahaya.

- Stabilitas : Tingkat kestabilan serangan. Semakin besar angka stabilitasnya, semakin sering pula daya serang mendekati kekuatan maksimal. Daya serang terendah pun akan naik mengikuti jumlah stabilitas.

- Evasion recharge : Kesempatan menghindari serangan musuh.

- Guard recharge : Kesempatan mengurangi luka dari serangan musuh.

- Guard Power : Besarnya daya tahan untuk mengurangi luka dari serangan musuh ketika Guard berlangsung.

- Motion Speed (Kecepatan Aksi) : Berbeda dengan ASPD. Kecepatan Aksi akan mempercepat gerakan atau kecepatan animasi pada serangan normal maupun skill. Kecepatan merapal tidak akan bertambah cepat. Hanya gerakan tubuh karakter saja yang dipercepat.

- AMPR (Attack MP Recovery) : Jumlah pemulihan MP yang didapatkan dari setiap serangan normal yang mengenai musuh.

- Dodge : Nama lain dari Flee. Nilai Dodge pada skill maupun perlengkapan, membantu menaikkan jumlah Flee.

- Akurasi (Accuracy) : Nama lain dari Hit. Nilai akurasi pada skill maupun perlengkapan, membantu menaikkan jumlah Hit.

- Aggro : Aggro positif akan membuat musuh tertarik untuk menyerang anda. Aggro negatif akan membuat musuh mengabaikan anda, dan lebih memilih pemain lain.

- Kekebalan fisik : Ketahanan ekstra dari serangan fisik musuh.

- Kekebalan sihir : Ketahanan ekstra dari serangan sihir musuh.

- Resistensi status buruk : Kemungkinan untuk kebal terhadap status buruk seperti keracunan, lumpuh, bergidik, pingsan, dan sebagainya.


C. Status pelengkap:

- Refleks
: Menerima dan membalikkan serangan musuh. Membuatnya terluka juga oleh serangannya sendiri sebesar jumlah angka Refleks yang dimiliki pada perlengkapan.

- Tambahan fisik : Serangan tambahan berupa serangan fisik yang muncul ketika serangan normal dilakukan. Serangan ini tidak bergitu kuat dan tidak bisa menjadi Critical.

- Tambahan sihir : Serangan tambahan berupa tembakan sihir yang muncul ketika serangan normal dilakukan. Serangan ini tidak begitu kuat dan tidak bisa menjadi Critical.

- Pelindung fisik : Pelindung yang memiliki HP tergantung pada angka statusnya di perlengkapan. Besarnya HP Pelindung fisik, akan menjadi tumbal untuk menyerap serangan fisik musuh. Jika pelindung telah terpakai, akan diperlukan waktu beberapa detik untuk membentuknya kembali.

- Pelindung sihir : Sama dengan Pelindung fisik. Namun, pelindung ini hanya menyerap serangan sihir.

- Pelindung fraksional : Sama dengan pelindung fisik dan pelindung sihir. Namun, pelindung ini hanya menyerap serangan fraksional. Serangan fraksional hanya bisa dikenali dengan mengaktifkan pengaturan chat combat info dilukai.

- Kecepatan pelindung : Kecepatan regenerasi pelindung fisik, sihir, dan fraksional.

- Antisipasi : Kemungkinan untuk menggagalkan evasion musuh.

- Pertahanan Hancur : Kemungkinan untuk menggagalkan guard musuh.


D. Status Interrupt:

- Berhenti bergidik
: Meniadakan status bergidik pada semua skill agar musuh tidak terkena gidik.

- Berhenti jatuh : Meniadakan status jatuh pada semua skill agar musuh tidak terkena jatuh.

- Berhenti pingsan : Meniadakan status pingsan pada semua skill agar musuh tidak terkena pingsan.

Semoga bermanfaat dan selamat bermain.

Previous Post
Next Post

6 comments:

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"