Sunday, January 26, 2020

Cara Refine Cermat dan Hemat - Toram Online


*Kini dalam bahasa indonesia, item Bijih Besi telah direname menjadi Hematit. Dan item Antikarat menjadi Anti-Degradasi

Untuk melakukan refine, anda harus membuat BS (blacksmith) Tech terlebih dahulu. Isikan semua poin status ke Tech hingga penuh untuk mendapat kemungkinan berhasil menempa lebih banyak.



Gambar di atas, adalah BS untuk Refine+Alkimia. Sehingga statusnya ditumpuk ke Tech dan Dex untuk melampaui nilai kesulitan membuat item obat dan menambah keberhasilan membuat produksi obat. Bisa kita abaikan yang satu ini. Yang terpenting adalah TECnya harus penuh untuk menambah keberhasilan refine perlengkapan.

Untuk memulai melakukan refine, anda harus membeli skill pandai besi di perpustakaan sofya.

Bahan logam untuk melakukan refine saat ini alangkah baiknya anda langsung menggunakan bijih mithril dari +0 hingga anda mencapai nilai +E tanpa menggunakan item anti-degradation (anti-degradasi).

Ketika anda sudah mencapai nilai +E, silahkan menggunakan logam Orichalcum yang bisa dibeli di Toserba kota-kota besar seperti Sofya, El Scaro, dan Hora Diomedea. Refinelah terus dari +E tersebut hingga anda mencapai nilai +B.

Jika sudah menjadi +B, anda sudah tidak cocok lagi menggunakan BS Tech. Beralihlah menggunakan Character farming Luk yang telah diisi skill pandai besi tempa perlengkapan. Char ini juga disebut sebagai BS Luk. BS Luk ini sudah pasti wajib berisikan status Luk penuh untuk refine dari +B hingga +S. Anda hanya perlu mengisi 1 skill poin saja pada skill tempa perlengkapan. Tidak perlu dipenuhkan sampai 10 skill poin semuanya. Karena kemungkinan berhasilnya tetap 1% meskipun anda mengisi penuh semuanya.



1% bukanlah kemungkinan yang tidak mungkin anda dapatkan. Di situlah anda harus membuktikan bahwa 1% tersebut bisa menjadi keberuntungan anda. Status Luk tidaklah menambah kemungkinan berhasil refine. Namun, status tersebut mampu menurunkan kemungkinan nilai refine anda turun ketika melakukan proses refine. Untuk memperkecil lagi kemungkinan nilai refine anda turun, pakalilah anti-degradation/anti-degradasi yang bisa dibeli di papan info market di kota-kota besar atau membeli langsung melalui pemain lain yang menjualnya secara barter.

Dengan menggunakan anti-degradasi, anda akan mendapatkan peluang nilai tempa tidak turun sebesar 98,4%. Berarti, anda memiliki peluang sukses naik sebesar 1%, kemungkinan nilai turun sebesar 1,6% , dan nilai bertahan di tempat sebesar 98,4%.


Meski begitu, terkadang nilai kemungkinan turun ini seolah menjadi besar. Seakan nilainya adalah 5%. Memang belum ada kejelasan pasti tentang nilai penurunan ini.

Anda bisa melihat kotak di bawah ini untuk melihat seberapa besar resiko turunnya nilai refine anda.



Kotak yang kosong di atas terdiri dari tidak adanya kemungkinan penurunan. Setiap satu kotak kosong dianggap memiliki keberhasilan sebesar 20%. Karena kelima kotak tersebut kosong, maka nilai keberhasilannya adalah 100%. Sehingga risiko penurunannya sebesar 0%.




Satu kotak yang pecah tersebut berisi kemungkinan pecah. Itu artinya satu kotak tersebut tidak lagi memiliki kemungkinan berhasil sebesar 20%. Bisa jadi, kemungkinan berhasil di dalam satu kotak pecah tersebut tersisa 10-19,9% saja. Kita bisa menyebut kotak pecah tersebut sebagai kotak pecah tunggal.




Sedangkan yang satu ini, kita bisa mengambil pedoman sesuai penjelasan sebelumnya. Untuk kotak pecah tunggal yang pertama dan kedua, masing-masing telah tersisa 10% kemungkinan berhasil. Dan kotak ketiga bisa jadi tersisa 10-19,9% saja.

Kesimpulannya adalah, setiap kotak terakhir yang pecah, tidak memiliki kejelasan seberapa besar sisa kemungkinan berhasilnya. Yang jelas, sisa persentase keberhasilannya sudah bukan 20% lagi. Melainkan sekitar 10% hingga 19,9% saja. Sedangkan kotak-kotak pecah yang di belakang kotak pecah terakhir sudah jelas menyisakan kemungkinan berhasil sebesar 10%.


*Dari kelima kotak yang ada, hanya ada 1 kotak dengan kemungkinan pecah yang tidak jelas nilainya. Kotak tersebut adalah salah satu kotak yang paling pecah dan berada di baris terakhir di antara kotak-kotak pecah yang serupa.


Berbeda lagi jika kotak-kotak tersebut diganti dengan angka persen. Atau jika anda bisa dan menguasai rumus perhitungannya, anda akan tahu seberapa besar persentasenya. Untuk mengetahuinya tanpa banyak berpikir, anda bisa menjelajahi forum-forum Toram Online, atau situs khusus yang membahas tentang Toram Online.



Di atas, ada 3 kotak pecah yang parah. Ketiga kotak tersebut bisa kita sebut kotak pecah ganda. Kotak pecah ganda terahir hanya menyisakan kemungkinan berhasil sebesar 1-9% saja. Sedangkan kotak pecah ganda di belakangnya sudah tidak memiliki kemungkinan berhasil sama sekali.
Untuk kedua kotak pecah tunggal di atas, karena di depannya sudah tidak ada lagi kotak dengan keberhasilan yang lebih tinggi, maka bisa disimpulkan bahwa keduanya bernilai 10% berhasil. Berarti di dalam kelima kotak di atas, tersisa 20,1% hingga 29,9% kemungkinan berhasil.

Jika semua kotak mengalami pecah ganda, sesuai penjelasan-penjelasan sebelumnya, kotak paling pecah yang terakhirlah yang masih memiliki nilai yang tidak jelas. Tentunya, nilainya bukan 0%. Bisa jadi, 1% hingga 9,9%.



Oke, kita kembali ke pembahasan utama.
BS Tech harus mengambil skill-skill seperti di bawah untuk memulai proses refining.



Untuk anda yang masih pemula dan salah satu karakternya belum pernah mencapai level 200, skill pandai besi yang berada di baris terakhir belum bisa anda ambil. Anda akan sedikit kesulitan menaikkan nilai refine dari +C ke +B. Kemungkinan berhasilnya hanya 6,4% dengan logam orihalcum jika anda tidak mengambil skill level 4 pandai besi tersebut. Itu artinya kelima kotak risiko akan terlihat pecah ganda semuanya. Sedangkan jika anda sudah mengambil skill lvl 4 tersebut, anda akan mendapatkan kemungkinan berhasil naik sebesar 19.5% dengan logam orihalcum. Berarti, dari kelima kotak risiko yang mengalami pecah ganda, akan tersisa satu kotak pecah tunggal. Lumayan untuk mengurangi rasa takut, bukan?

Sedangkan pada BS Luk, hanya ini saja yang perlu anda isi.


Kenapa hanya 1  Skill Point saja? Karena tambahan kemungkinan berhasil dengan LUK memang tidak ada. Jadi, itu saja yang perlu diisi. Untuk item logam yang akan dipakai, anda hanya perlu menggunakan logam murahan seperti bijih besi (hematit), bijih baja, atau bijih mithril.

Anda takut melakukan refine ke +A dan ke +S?
Melihat kelima kotak risiko mengalami pecah ganda seluruhnya cukup menakutkan, ya?
Dengan modal sekitar 3 juta spina, anda bisa mencapai +S dari +0 kok. Semuanya tergantung pada keberuntungan anda saja. Jika anda sudah mencapai level karakter 200 dan mengambil skill lvl 4 pandai besi, anda akan lebih menghemat spina. Jadi, jika sebelumnya refine ke +B menjadi bagian yang paling membuang spina, kini itu bukan halangan lagi.

Untuk bahan-bahan yang anda perlukan, inilah yang harus anda persiapkan:

- 1 atau 2 stack bijih mithril (refine +0 hingga mencapai +E dengan BS Tech)
- 1 atau 2 stack bijih besi/hematit (refine +0 hingga mencapai +6, atau dipakai saja untuk refine dari +B hingga +S menggunakan BS Luk)
- 10 buah/pcs orichalcum (refine dari +E hingga mencapai +B)
- Anti-degradasi sebanyak 2 atau 3 stk

Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pasanglah perlengkapan yang ingin anda refine ke karakter anda. Perlengkapan harus dalam keadaan terpasang untuk bisa direfine.

2. Gunakan logam bijih besi (hematit) untuk memulai refine. Jika sudah mencapai +6, gantilah dengan logam bijih mithril. Jika anda hanya ingin refine sampai +C atau +B saja, tidak perlu membeli bijih besi (hematit) untuk menghemat isi dompet. Cukup beli bijih mithril saja untuk refine dari 0 hingga naik ke +E. (Jika anda cukup sabar, boleh merefine dari 0 sampai menjadi +C dengan bijih mithril saja. Karena harga item di papan market sekarang anjlok parah).

3. Jika anda sudah mendapat nilai refine +E (atau +C jika sebelumnya menggunakan bijih mithril), ganti logamnya dengan Orichalcum. Di bagian ini, saatnya menggunakan Anti-degradasi untuk membantu mencegah penurunan nilai refine. Belilah Orichalcum sebanyak 10 buah saja seperti yang saya sarankan. Jika 10 buah Orichalcum tadi habis, dan anda belum mencapai +B, belilah lagi 10 buah. Jika tidak bisa mencapai +B lagi, belilah lagi 10 buah orihalcumnya. Lakukanlah cara ini berulang-ulang hingga mencapatkan +B. Dengan cara ini, anda tidak akan membuang-buang spina lebih banyak.

4. Jika anda sudah mencapai +B, gantilah karakter anda ke BS Luk. Refinelah dengan menggunakan logam bijih besi (hematit) atau bijih mithril. Dan jangan lupa untuk menggunakan Anti-degradasi juga.

5. Anda akan mengalami pecah paron/anvil terus-menerus dalam proses refine kali ini. Namun anda harus tetap memaksakannya hingga mendapatkan keberhasilan refine ke +A.



6. Setelah mendapatkan nilai +A, refinelah lagi seperti sebelumnya dengan BS Luk hingga mendapatkan nilai +S.




Jika nilai refinenya turun, jangan berkecil hati. Cobalah lagi, Jika anda sudah mencapai +A sebanyak 2 atau 3 kali, namun turun lagi ke +B atau di bawahnya, silahkan berhenti dan mencoba lain waktu.

Dan untuk anda yang belum mengambil skill lvl 4 pandai besi, jika anda sudah menghabiskan lebih dari 3 stk anti-degradasi, namun tidak mampu mencapai +A, silahkan berhenti dan mencoba lain waktu.

*Mungkin anda tertarik dengan Trik sukses refine hemat spina ini

Sekian dan terima kasih. Semoga beruntung.
Previous Post
Next Post

12 comments:

  1. Info gan .....ku sudah sering dari 0 ke C pakai biji mithril doang tanpa andeg ..dan cukup mudah ..1 stk biji mithril bisa nempa ke C untuk 3 sampai 4 eq ..untuk lvl sendiri udah cap dan char tempaku baru lvl 85

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. itu wajar. karena adanya skill level 4, semuanya jadi mudah, gan. apalagi harga item sekarang hancur-hancuran karena terlalu banyak player curang yang menggunakan BOT. sehingga cukup dengan bijih mithril yang harganya rusak itulah kita mampu menempa dari 0 hingga C sekalipun tanpa anti degradasi.

      Delete
    2. Ini modal sabar ngulang aja sih.
      9-C pake andeg aja sering naik turun

      Delete
  2. bang minta tolong refine'in dari D ke B dong bang, bahan dari saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gampang sekali sekarang, gan. sudah ambil skill level 4 pandai besi belum, gan? kenapa tidak dicoba sendiri saja?

      Delete
  3. Gampang ae gan refine 0-B
    Pk bs tech bahan bahan
    0-6=hematit/biji besi
    6-8=biji mithril
    8-9=biji mithril/mithril pk andeg
    9-E=sm kaya di 8-9
    E-B=oric pk andeg

    Sekian dan selamat mencoba
    Jangan paksain kalo turun
    Mungkin karna sinyal bs jg ngaruh
    Sama refine gan☺🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya prinsipnya gampang bro
      Tinggal liat jonny,kalo tegak gas ajalah

      Delete
  4. bro sayakan rencananya mau bikin char baru bs, tapikan keknya akan sulit karena butuh level 200+ ( aku orangnya males leveling :v), jadi kalo buat karakter farm dengan full luk dan beli eq +b di papan bisa gak bro?

    ReplyDelete
  5. bruh ngapain coba di nonaktifin klik kanan kyk orang tolol

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda belum pernah bikin blog. jadi tidak tahu rasanya ketika kita ngetik sendiri panjang lebar untuk keuntungan blog sendiri tapi dengan gampangnya blogger jahat mengcopy artikel kita lalu mengklaim artikel tersebut sebagai miliknya sendiri. dan mirisnya artikel dia yang berada di posisi teratas. jadi jangan bilang tolol kalo anda tidak tahu apa-apa ya, dik.

      Delete

"Berkomentarlah yang baik, tunjukkan bahwa anda adalah tamu yang sopan"