Saya cukup sering mendapat pertanyaan yang sama tentang akurasi dan stabilitas. Karena itulah, perlu saya jelaskan di sini agar anda tidak kebingungan untuk membedakan kedua stat tersebut.
Saya tidak tahu apakah Toram Online akan bertahan lebih lama lagi, atau tidak lama lagi akan menjadi game mati karena usaha para pemain yang tak lagi dihargai, dan terlalu banyaknya kecurangan yang terjadi. Sehingga semakin banyak pemain yang pensiun. Meski begitu, bagi anda yang baru memainkan game tersebut, perlu sekali untuk memahami perbedaan antara akurasi dan stabilitas.
- Akurasi
Stat akurasi adalah status yang memberikan peluang untuk mendapatkan serangan dalam wujud Hit dan Critical. Semakin besar nilai akurasinya, maka akan semakin besar pula peluang terjadinya Hit maupun Critical. Meski begitu, cukup atau tidaknya nilai akurasi anda, bergantung pada monster yang dihadapi. Karena setiap monster memiliki dodge rate yang berbeda-beda nilainya. Semakin besar dodge yang dimiliki monster, maka nilai akurasi anda haruslah mampu mengejar nilai dodge monster tersebut.
Karena nilai dodge pada monster tidak dapat kita ketahui, maka kita sendirilah yang harus menambah nilai akurasi kita hingga luput maupun gores tidak/jarang terjadi.
Namun, anda tidak usah memikirkan hal itu. Menambah nilai akurasi tidaklah penting. Karena meskipun nilainya besar, gores maupun luput masih akan sering terjadi di beberapa monster. Jadi, fokuskan saja untuk menambah damage anda.
- Stabilitas
Stat ini ada di sebelah ATK senjata dalam nilai persen. Untuk menaikkannya tanpa mengisi status karakter, bisa menggunakan bonus stabilitas pada equip dengan stat "stability".
Stabilitas adalah penentu besarnya damage yang mampu dikeluarkan. Semakin besar nilai stabilitasnya, maka akan semakin stabil nilai damage yang dikeluarkan. Sehingga damage anda akan terus berada di sekitar nilai damage terbesarnya.
Sebagai contoh, stabilitas total anda adalah 80%. Itu artinya, anda memiliki peluang acak mengeluarkan damage sebesar 80% sampai 100%. Jika damage maksimal anda terhadap monster adalah 1000. Maka, itulah damage anda dalam stabilitas 100%. Jadi, damage minimal anda adalah 80% dari nilai damage 1000 tadi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa dalam stabilitas 80%, damage anda adalah 800.
Lalu, apa hubungan antara Stabilitas dengan Akurasi?
Jika akurasi anda cukup, maka stabilitas anda tidak akan berubah. Jika memang di awal, stabilitas anda adalah 80%, maka itulah besarnya damage minimal anda. Namun, jika akurasi anda kurang, serangan anda akan berwujud luput (jika angka serangan berwarna putih), atau gores (jika berwarna kuning). Jika sudah berwujud seperti itu, maka stabilitas minimal anda akan berkurang separuhnya. Sehingga stabilitas 80% tadi akan menjadi 40% saja.
Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana jadinya jika damage anda yang keluar hanya sekitar 40%-100% saja. Tentu hal itu cukup menyebalkan, karena damagenya tidak bisa selalu berada dekat dengan damage maksimal.
Meski begitu, seperti yang saya katakan tadi, anda tidak perlu mencemaskan tentang akurasi, karena banyak sekali monster-monster yang dodge ratenya besar. Jika anda terlalu fokus menambah akurasi, maka anda akan mengabaikan pentingnya menambah damage anda. Hal itu dikarenakan developer tidak menyediakan equip dengan stat akurasi yang besar.
Saya rasa cukup di sini saja penjelasan panjang saya. Semoga bermanfaat dan mampu menambah kepercayaan diri anda ketika bermain Toram Online. Terima kasih.
Baca juga post ini jika perlu.
klo musuhnya evasion itu gimana ya gan? aku make skill bind strike (Knight skill) itu sering evasion musuhnya saat di Jelly, Nemico di Mewte(teras kerikil) juga. ataukah levelnya kurang ya gan?
ReplyDeleteBang sekarang toram banyak yang main lagi karena di sudah rilis di PC dan juga banyak player baru
ReplyDeletealhamdulillah ya, gan. sayangnya saya sudah tidak punya waktu cukup untuk kembali bermain. jadi, kecil kemungkinan saya update semua postingan saya yang sudah usang ini 🙏
Delete